Analisis Abstrak "Berpayung Rindu"

 Nama anggota :

Fauzan aroozaqi : 202146500889

Raihan : 202146500824




ABSTRAK

Pada penelitian ini disajikan sebuah karya film atau web series berjudul “Berpayung Rindu” berdasarkan sistem tanda dalam disiplin ilmu Semiotika Strukturalisme. Penelitian ini membahas mengenai aspek tanda menggunakan teori Ferdinand de Saussure. Pada tiap scene akan yang disajikan analisa terhadap sebuah karya film atau web series ini berdasarkan sistem tanda Semiotika Strukturalisme. Berdasarkan analisanya, secara bersamaan dikembangkan dengan penginterpretasian terhadap masing-masing aspek dan masing-masing scene yang dianalisa dan diinterpretasi secara keseluruhan. Peneliti menggunakan paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif, sehingga dapat menunjukkan gambaran realitas kekerasan yang dikonstruksi.

Metode

Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif kualitatif karena penjabaran mengenai film tersebut menggunakan analisis semiotika Ferdinand de Saussure yang difokuskan kepada penanda (signifier) dan petanda (signified) yang muncul dari film “Berpayung Rindu”. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek adalah film “Berpayung Rindu”. Sementara yang menjadi obyek dari penelitian ini adalah tanda-tanda yang muncul dari film tersebut. Pada kajian ini, penulis akan menggunakan metode analisis semiotika sistem tanda Saussure yaitu signifier dan signified dengan merelasikan beberapa tanda- tanda di dalamnya untuk menentukan makna lalu mengelompokkan menjadi beberapa jenis tanda sampai kemudian menemukan makna dibalik tanda yang dipaparkan menggunakan analisis semiotika Saussure.

Tujuan

penelitian ini bertujuan untuk bisa menganalisis atau mengkaji ulang nilai- nilai yang direpresentasikan pada adegan-adegan yang di mainkan dalam film web series tersebut.


Kesimpulan ntara

Berdasarkan uraian analisis yang telah disampaikan diatas mengenai film web series Berpayung Rindu dengan analisis semiotika Ferdinand de Saussure dapat ditarik sebuah kesimpulan mengenai penanda (Signifier) dan petanda (Signified) serta makna dari iklan tersebut yaitu film ini lebih mengarahkan ke pesan moral terlihat dari adegan per episodenya yang mana film ini mengisahkan sepasang suami istri yang berpisah karena perselingkuhan dan yang menjdai korban adalah sang anak yang akibatnya sang anak kehilangan kasih sayang salah satu dari orang tuanya yaitu seorang ibu.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Kajian Senirupa dan Desain